Ini Dia Penjelasan dan Cara Investasi Reksadana Saham

Investasi reksadana tetap menjadi pilihan favorit meski telah banyak investasi-investasi lain. Hal ini dikarenakan kemudahan yang diberikan oleh sistemnya sehingga siapa pun yang baru menjajaki dunia investasi bisa ikut merasakan keuntungan investasi reksadana. Di antara jenis-jenis yang tersedia, reksadana saham masih menjadi pusat perhatian investor.

Namun sebelumnya, apa itu reksadana saham? Bagaimana cara investasi reksadana saham? Artikel ini pas banget buat kamu yang lagi menggali informasi penting mengenai reksadana saham dan cara investasi reksadana saham dan siap membekali kamu dengan matang sebelum memulai investasinya.


Reksadana saham merupakan jenis reksadana yang pergerakannya terkait dengan saham. Cara investasi reksadana saham bekerja adalah dengan menaruh sekurang-kurangnya 80% uangnya pada saham sehingga memiliki efek ekuitas.


Adapun 20% merupakan kisaran nilai return reksadana saham. Nilai ini sangat tinggi jika dibandingkan jenis reksadana yang lain atau bahkan deposito biasa. Oleh karena itu reksadana saham banyak diminati sebagai sarana untuk meraih keuntungan dalam berinvestasi.


Cara Investasi Reksadana Saham


Dibandingkan dengan investasi saham biasa yang banyak dilakukan secara mandiri, cara investasi reksadana saham jauh lebih mudah. Investasi reksadana saham bisa kamu lakukan hanya dengan ponselmu. Cara investasi reksadana saham adalah dengan menggunakan aplikasi yang menunjang kegiatan investasi reksadana saham yang diakses secara online


Ada dua cara investasi reksadana yaitu dengan menggunakan aplikasi yang memang dikhususkan untuk reksadana atau aplikasi layanan perbankan digital atau mobile banking. Cara investasi reksadana yang pertama mengharuskanmu untuk memiliki dua aplikasi karena sistem top up saldo. Tentunya cara investasi reksadana yang seperti ini tidak praktis dan kamu menginginkan cara yang lebih efisien. Kini digibank by DBS telah hadir sebagai mobile banking yang memastikan cara investasi reksadana yang lebih mudah. Berikut penjelasannya.


Cara investasi reksadana saham dengan digibank by DBS


Dengan digibank by DBS kamu tidak perlu lagi melakukan transfer apapun karena semua prosesnya terkoneksi dengan rekeningmu. Ketika kamu melakukan pembelian, kamu hanya perlu membuka aplikasi digibank by DBS kemudian memilih produk reksadana saham yang tersedia. Setelah kamu melanjutkan ke pembelian, proses pembayarannya akan langsung terkoneksi dengan pendebetan sehingga uang pada rekening akan otomatis terpotong.


Tidak hanya untuk pembelian, tentunya cara investasi reksadana yang lebih mudah ini juga berlaku untuk penjualan produk. Ketika kamu telah berhasil melakukan penjualan produk, uangnya akan langsung masuk ke rekeningmu. Tentunya dengan digibank by DBS kamu juga bisa melakukan switching atau pengalihan reksadana saham.


Cara Investasi Reksadana Untuk Pembelian Pertama


Perlu diingat bahwa jika sebelumnya kamu belum pernah melakukan pembelian investasi reksadana, cara investasi reksadananya akan sedikit berbeda karena kamu harus memiliki nomor Single Investor Identification atau SID. Pendaftaran nomor ini dapat dilakukan melalui digibank by DBS hanya dengan beberapa langkah saja dan waktu yang cepat.


Cara investasi reksadana yang praktis hanya dengan satu aplikasi saja juga didukung oleh hal menyenangkan lainnya karena digibank by DBS menyediakan sajian lengkap investasi ala rumah makan padang untuk proses investasi melalui fitur-fiturnya seperti berikut ini.


  • Pilihan produk berdasarkan kategori

Setiap jenis reksadana memiliki produk yang berbeda-beda. Yang menarik dari digibank by DBS adalah kamu bisa memilih produk yang tersedia berdasarkan tiga kategori yaitu kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik. Tentunya cara investasi reksadana ini sangat memudahkan kamu untuk memilih produk yang paling sesuai keinginan dan kebutuhan. Aplikasi digibank by DBS juga menyediakan ringkasan mengenai kinerja produk dan prospectus sehingga kamu bisa lebih cermat dalam berinvestasi.


  • Pembelian secara berkala yang fleksibel 

Kamu bisa mengatur pembelian produk reksadana saham menjadi berkala dan lebih fleksibel.

Sehingga kamu tidak perlu untuk mengatur pembelian dari awal. Ini juga sangat bermanfaat untuk membentuk kebiasaan investasi rutin sehingga hasil yang kamu dapatkan bisa lebih maksimal.


  • Pembelian start dari Rp 100 ribu saja

Aplikasi digibank by DBS membolehkan kamu untuk membeli produk mulai dari Rp 100.000 saja yang tentunya sangat mudah dijangkau. Cara investasi reksadana dengan nominal kecil ini jika digabungkan dengan pembelian berkala sangat cocok untuk kamu yang memiliki modal kecil namun ingin tetap mendapatkan keuntungan yang maksimal. 


  • Pilihan hingga lebih dari 50 produk reksadana

Selain reksadana saham, digibank by DBS juga menghadirkan jenis investasi reksadana lainnya seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran, dengan lebih dari 50 pilihan produk. Lengkap banget kan?


Sekarang kamu sudah mengetahui penjelasan dan cara investasi reksadana saham. Segera nikmati keuntungan menjanjikan reksadana saham dengan cara investasi reksadana yang mudah melalui digibank by DBS. Download aplikasinya sekarang juga!


Reksadana Saham



Tidak ada komentar

Posting Komentar