Apa Saja Perbedaan dari IP Camera dan CCTV Analog?

IP Camera vs CCTV Analog

IP camera CCTV dan Analog CCTV pada umumnya memang sama-sama termasuk sebagai sistem keamanan tambahan berupa kamera. Kedua jenis kamera pengaman ini memiliki fungsi yang sama, yakni untuk merekam video supaya menjaga keamanan area gedung.

Namun yang berbeda dari masing-masing kedua kamera pengaman tersebut adalah sistem pengoperasiannya. Saat ini, banyak masyarakat yang lebih memilih untuk menggunakan IP camera CCTV , karena lebih unggul dari kemudahan pemasangan dan pengoperasiannya.

Akibat Jika Gedung Tidak Diamankan dengan CCTV?


Dilihat dari julukannya sebagai kamera pengaman, CCTV tentu memiliki fungsi utama untuk menjaga keamanan gedung dan propertinya. Jika suatu gedung tidak diamankan dengan kamera pengaman, maka sudah pasti gedung tersebut tidak aman.

Tindak kejahatan atau tindakan merugikan lain bisa saja terjadi kapan dan dimana saja jika pengelola tidak memperhatikannya. Pencurian dan pengrusakan menjadi salah satu tindak kejahatan yang sering terjadi jika suatu gedung tidak dipasangi kamera CCTV.

Kemudian untuk gedung bisnis, para karyawan berpotensi melakukan kecurangan atau kelalaian lain yang merugikan.

Perbedaan dari IP Camera CCTV dan CCTV Analog


Meski keduanya sama-sama berfungsi sebagai sistem keamanan tambahan berwujud kamera, namun terdapat beberapa perbedaan. Perbedaan pertama bisa dilihat dari proses istilah yang digunakan CCTV IP camera dan CCTV analog. 

IP camera CCTV merupakan singkatan dari Internet Protocol Camera, sedangkan CCTV analog merupakan Closed-Circuit Television analog. Berdasarkan istilah yang digunakan, maka bisa disimpulkan bahwa keduanya memiliki perbedaan cara pengoperasiannya.

  • Cara Pengoperasiannya

IP camera bisa dioperasikan dengan jaringan internet menggunakan smartphone, sedangkan CCTV analog masih menggunakan cara manual dengan bantuan decoder. Berdasarkan cara pengoperasiannya, IP camera saat ini banyak diminati masyarakat karena memungkinkan pengguna melakukan pengawasan dari tempat yang berbeda tanpa menggunakan decoder.

  • Bentuk dan Instalasi

Kemudian untuk instalasinya, IP camera hadir tanpa kabel (nirkabel) dan bentuk lebih ringkas sehingga instalasinya lebih mudah. Sedangkan kamera CCTV analog hadir dengan kabel yang cukup banyak, sehingga proses instalasi lebih rumit dan harus dilakukan ahlinya.

  • Kualitas Rekaman Video

Kualitas rekaman video dari IP camera CCTV juga lebih tinggi, mulai dari Full HD (1080p) hingga 4K. kamera pengaman ini telah memiliki kemampuan digital zoom, sehingga pengguna bisa melihat rekaman video yang diperbesar dengan gambar tajam.

Sedangkan kamera pengaman analog memiliki kualitas rekaman yang lebih rendah yakni sebesar 720x575. Selain itu, kamera analog memiliki rekaman yang terlihat buram atau blur, dan tidak dilengkapi dengan kemampuan digital zoom.

  • Sudut Pandang

Sudut pandang dari CCTV analog lebih terbatas, sehingga pengawasan untuk area yang luas memerlukan CCTV dalam jumlah banyak. Berbeda dengan sebelumnya, IP camera memiliki sudut pandang yang luas, sehingga area luas bisa diawasi dengan 1 CCTV saja.

Soal biaya, IP camera lebih hemat, karena fiturnya memadai, sehingga proses pemantauan bisa berjalan baik dengan 1 kamera saja. Sedangkan kamera analog membutuhkan biaya yang lebih banyak jika pengguna ingin pemantauan dengan hasil maksimal.

  • Fitur Keamanan

Terakhir, jika dilihat dari fitur keamanannya, kamera analog memiliki fitur keamanan yang kurang memadai, sehingga bisa disadap pihak lain. IP camera menawarkan keamanan leih bagi keamanan rekamanan video pengguna, karena telah dilengkapi fitur enkripsi.

Melalui fitur tersebut, pengguna harus memasukan password terlebih dahulu, sehingga rekaman video tidak bisa diakses secara bebas. Karena kehadiran fitur enkripsi ini, file rekaman di IP camera jadi lebih aman.

Seri ColorVu dari HikVision, CCTV yang Berkualitas

Anda akan takjub melihat CCTV Seri ColorVu dari Hikvision. Mengapa demikian? Karena kamera ini bisa menangkap gambar dengan jernih dan detail di dalam lingkungan bercahaya minim. Jadi, ketika malam hari pun semuanya akan tetap aman. Inilah keunggulan yang penting untuk diketahui.

  1. Resolusi gambar yang dihasilkan sangat baik

  • Hasil tangkapan video berwarna yang diberikan pada gambar sangat akurat.

  • Proses perekaman bekerja dengan baik meskipun cahaya yang diberikan rendah. Misalnya pada malam hari, perekaman tetap jernih dan berwarna. 

  1. Menunjukan detail yang lebih jelas

  • Merekam berbagai objek secara detail dibandingkan pencitraan hitam dan putih karena memiliki fitur penangkapan warna dan infrared.

  1. Mampu menangkap cahaya dengan sangat baik

  • Video yang dihasilkan lebih halus.

  • Terdapat sensor lanjutan untuk memberikan hasil video yang tampak realistis.

Tak hanya berkualitas, teknologi infrarednya juga membuat tangkapan video menjadi jernih. Jadi, Anda tak akan khawatir lagi dengan keamanan di dalam rumah baik ketika siang hari maupun malam hari. Karena kamera ini mampu merekam dengan warna detail bahkan ketika malam hari dan di area indoor maupun outdoor. 



Tidak ada komentar

Posting Komentar