Reksadana: Pengertian, Jenis Reksadana, Cara Investasi Reksadana!

Jenis Reksadana


Dalam dunia investasi, reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dipilih orang-orang.  Hal ini karena tentu saja, ada banyak keuntungan investasi  reksadana  dan menjanjikan. 

Memilih investasi reksadana adalah hal yang tepat jika Anda masih pemula dalam berinvestasi dan tidak punya banyak waktu untuk menghitung risiko pada investasi yang dilakukan. Karena nantinya semua dilakukan oleh manajer investasi dari reksadana itu sendiri. 

Pengertian Reksadana

Reksadana menjadi solusi terbaik untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal. Keuntungan Reksadana bisa didapatkan dari pembagian dividen atau disebut bunga yang dibukukan pada Nilai Aktiva Bersih. 

Sementara untuk manajer investasi yang mengelola pendanaan Anda di Reksadana juga akan mendapatkan keuntungan. Keuntungan reksadana untuk manajer investasi didapat dari persentase yang ditentukan lewat aset.  


Jenis Reksadana

Jenis Reksadana

Setelah mengetahui apa itu investasi reksadana, penting juga bagi Anda untuk memahami jenis-jenis reksadana. Reksadana punya empat jenis investasi yang masing-masing memiliki perbedaan. Berikut akan dijelaskan secara singkat.

  1. Reksadana Pasar Uang

Investasi reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang menginvestasikan dana pada pasar uang. Jenis investasi ini memiliki masa jatuh tempo kurang 1 tahun. Cocok sekali bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka pendek. 

Untuk bentuk instrumen dari investasi reksadana pasar uang adalah deposito berjangka, sertifikat deposito, Sertifikat Bank Indonesia, Surat Berharga Pasar Uang dan masih banyak lagi. Reksadana jenis ini memiliki risiko yang relatif rendah jika dibanding dengan instrumen reksadana lainnya. 

  1. Reksadana Pendapatan Tetap

Jenis investasi reksadana ini, cara kerjanya yaitu melakukan investasi 80% dari ke dalam bentuk obligasi. Tujuan investasi satu ini, yaitu agar bisa mendapatkan pengembalian yang lebih stabil. Jika dibandingkan dengan reksadana pasar uang, jenis reksadana ini punya risiko yang sedikit lebih tinggi. 

  1. Reksadana Saham

Untuk jenis investasi reksadana ini, dana investasi 80% dari aktiva akan dialokasikan ke dalam efek ekuitas. Reksadana saham merupakan jenis reksadana yang cocok untuk Anda yang ingin investasi jangka panjang. 

Investasi reksadana saham memiliki potensi risiko yang relatif tinggi jika dibandingkan dengan pasar uang dan pendapatan tetap. Namun di sisi lain potensi return-nya adalah yang paling tinggi. 

  1. Reksadana Campuran

Seperti namanya, investasi reksadana jenis ini merupakan perpaduan antara saham, obligasi dan juga pasar uang. Melakukan investasi jenis ini maka dana akan menginvestasikan pada efek hutang dan ekuitas. 

Investasi reksadana campuran memberikan keuntungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan reksadana penghasilan tetap. Di sisi lain jika dibandingkan dengan reksadana saham maka risikonya relatif lebih kecil. 

  1. Cara Investasi Reksadana

Untuk melakukan investasi reksadana tentu merupakan hal yang mudah.  Berikut beberapa langkah untuk investasi dengan reksadana secara mudah. 

  • Pilih platform, pertama sekali Anda harus memilih platform investasi dalam reksadana. Ada banyak sekali platform yang menyediakan produk reksadana. Bahkan kini cukup banyak bank yang juga menyediakan produk produk reksadana yang terjamin keamanannya. 

  • Memilih jenis reksadana, setelah menemukan platformnya maka Anda harus memilih jenis reksadana. Karena ada beberapa jenis  investasi reksadana yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Anda bisa memilih yang paling cocok dengan profil risiko.

  • Tentukan jangka waktu, selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih jangka waktu yang tepat untuk investasi reksadana. Waktu untuk investasi reksadana bermacam-macam. Anda bisa memilih waktu kurang dari setahun, 1 sampai 3 tahun, 3 sampai 5 tahun dan ada yang lebih dari 5 tahun.

Investasi Reksadana Lewat DBS Treasures

DBS Treasures merupakan priority banking yang juga menawarkan produk-produk reksadana sebagai bagian dari rangkaian produk finansial komprehensif. Dengan investasi reksadana melalui DBS Treasures maka Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan.

  • Pengelolaan investasi oleh profesional, investasi reksadana melalui DBS Treasures adalah sangat mudah karena pengelolaannya langsung dilakukan oleh manajer investasi terkemuka yang bermitra dengan DBS Treasures. Manajer investasi sudah terpilih sebagai langkah untuk membuat produk investasi yang Anda pilih, lebih optimal menghasilkan return. 

  • Ada panduan berinvestasi, untuk Anda yang belum memahami cara investasi reksadana maka DBS Treasures menyediakan panduan untuk berinvestasi. Tim ahli finansial DBS Treasures secara proaktif berkomunikasi dengan Anda, seiring mereka berkolaborasi menganalisa pasar dan peluang yang selalu update. Jadi Anda bisa mendapatkan berita terkini seputar investasi lebih mudah.

  • Mengurangi risiko diversifikasi, tentu ketika sedang investasi reksadana Anda tetap memikirkan yang namanya risiko. Mulai dari risiko yang minim sampai  yang tinggi. Dengan reksadana, Anda tidak perlu khawatir karena diversifikasi penyebaran dana dilakukan ke berbagai jenis aset. Sehingga risiko bisa diminimalisir lewat diversifikasi ini. 


Sebagai bagian dari investasi reksadana, DBS Treasures juga menyediakan investasi saham melalui reksadana saham yang dikenal punya keuntungan tinggi. Investasi jenis ini memungkinkan Anda untuk melakukan investasi terhadap sebuah perusahaan namun dengan risiko yang lebih rendah dari investasi saham secara langsung. Apalagi harga saham cenderung fluktuatif tergantung permintaan dan penawaran. 

Investasi reksadana saham banyak dipilih oleh investor reksadana. Karena jenis investasi reksadana saham ini memberikan potensi pengembalian yang menarik. Artinya ada pengembalian yang lebih tinggi di dalam investasi saham melalui reksadana. 

Penutup

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa itu reksadana, jenisnya dan cara investasi reksadana yang paling mudah. Untuk melakukan investasi di reksadana, paling mudah lewat melalui priority banking DBS Treasures. Mari mulai investasi reksadana dan saham mudah dan aman bersama DBS Treasures.

Tidak ada komentar

Posting Komentar