Kamis, 09 Agustus 2012

KANTRING GENJER-GENJER

 
Genre: Literature & Fiction
Author: Teguh Winarsho AS
RATING : 3,5 OF 5
 
Salah satu novel yang mengangkat kisah sejarah sebagai cerita sentral. Novel setebal 120 halaman berlabel "dari kitab kuning sampai komunis" ini membawa saya mengarungi konflik agama berlanjut pada konflik berlatar belakang politik.

Diceritakan tokoh "aku" berdialog dengan ibu yang telah meninggal tentang Ki Sangir, pimpinan kelompok Abangan sebagai gerakan yang berusaha menyuburkan budaya spiritual di Jawa bersengketa dengan kelompok Ki Barnawi yang menjunjung tinggi Islam atau bisa dikatakan kelompok santri.

Pada bab ke V Teguh secara lugas memunculkan teks lagu genjer - genjer yang murni sebagai produk budaya ternyata malah menjadi senjata menuduh setiap orang yang hapal lagu itu sebagai antek - antek komunis.

Pada bab sama juga terdapat percakapan tokoh Lasmi dan "Aku" bertutur tegas tentang sejarah "lubang buaya" serta tuduhan kudeta oleh dewan jendral.

Untuk yang suka sejarah, novel ini layak dibaca memberi satu bingkai pemikiran tentang keadaan daerah Banyuwangi paska penjajahan Jepang dan isu - isu PKI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar