Kamis, 09 Agustus 2012

KEMBAR KEEMPAT

 Category: Books
Genre: Literature & Fiction
Author: Sekar Ayu Asmara
 RATING : 4 OF 5
 
Bercerita tentang kembar tiga bernama Bhara, Bhadra, Bhajra Pusponegoro. Bhara, seorang penyanyi. Bhadra, penulis lagu. Bhajra, sutradara film dokumenter.

Di belahan bumi lain, tepatnya di Manhattan, New York tinggal Axena, supermodel asal Indonesia. Dia nyaris mencapai kesempurnaan hidup karena memiliki harta, karir cemerlang, orang - orang tersayang termasuk kekasihnya Merav. Ternyata hari esok memang bukan milik manusia. Merav dan Axena tidak bisa bersatu. Selama hampir lima tahun kesedihan menyelimuti.

Beranjak ke Turki, Havana, seorang fotografer handal bekerja pada kepolisian Istanbul. Spesialisasinya memotret mayat yang meninggal karena bunuh diri. Saat melihat pameran lukisan dia bertemu Yilmaz. Havana meyakini lelaki itu jodohnya. Namun, hidup tak lepas dari kebohongan. Kebenaran pahit membuat mereka berpisah. Havana mulai tidak percaya cinta.

Ciri khas Sekar Ayu Asmara membuat cerita dengan ending mengejutkan juga hadir dalam novel ini. Havana, Axena, Bhara, Bhadra, Bhajra mempunyai masa lalu kelam disebabkan orang tua masing - masing. Kembar keempat-lah yang akan menjelaskan semua. Siapakah kembar keempat?

Sejak karyanya diangkat ke layar lebar seperti Belahan Jiwa, Pesan dari Surga, terakhir Pintu Terlarang. Saya menjadikan Sekar Ayu Asmara sebagai novelis favorit. Meski di Indonesia nama wanita ini belum terkenal karena pembaca Indonesia rata - rata kurang menyukai genre dark-abstrak yang disajikannya. Untuk segi bahasa dan plot novel Kembar Keempat lebih buruk dibanding Pintu Terlarang. Tapi cukup menghiburlah.

"Anak kembar tidak boleh terpisahkan, karena bisa menimbulkan bencana."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar