Kamis, 09 Agustus 2012

THE GIRLS OF RIYADH

Category: Books
Genre: History
Author: Rajaa Al Saena







  
 RATING : 5 OF 5
 
Pertama ngeliat sampul bukunya aku gak tertarik karena terkesan berat tapi pas liat ada tulisan #INTERNASIONAL BESTSELLER dan PERINGATAN : KISAH NYATA DILARANG BEREDAR DI SAUDI ARABIA aku jadi penasaran seberapa bombastiskah buku ini dan ternyata memang mengejutkan mengubah pandanganku tentang gadis - gadis riyadh yang dalam pemikiranku gadis yang selalu taat beragama, patuh dengan aturan, selalu menjaga hubungan dengan lawan jenis.

Buku ini adalah kisah nyata perjalanan hidup 4 gadis yang merupakan sahabat penulis. Mereka adalah Qamrah, Michelle, Shedim, Lumais. Qamrah bersahabat dengan Shedim sejak kelas 2 SD kemudian masuk di sekolah yang sama sampai Sekolah menengah. Dan di kelas 2 Sekolah Menengah mereka bertemu dengan Michelle. Karena kendala bahasa Michelle yang berasal dari Amerika pindah sekolah ke sekolah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan dia bertemu dengan Lumeis akhirnya mereka berempat menjalin persahabatan sampai masuk di Universitas yang sama.

Ketika memasuki kuliah inilah mereka mendapatkan konflik - konflik yang berkaitan dengan cinta dan ideologi masyarakat di Arab. Qamrah menikah pada semester pertamanya dengan Rasyid mahasiswa S2. Dia berpikir akan mendapatkan keluarga yang harmonis, anak - anak yang lucu, ternyata itu hanya bayangan karena Qamrah hanya mendapat perlakuan kasar, dingin, dan setiap selesai berhubungan intim Rasyid selalu meminta Qamrah meminum pil anti hamil. Dan akhirnya Qamrah pun tau bahwa suaminya telah selingkuh.

Michelle, gadis Amerika yang dianggap gadis nakal hanya karena mempunyai keturunan Amerika. Dia mempunyai adik angkat karena ibunya terkena penyakit kanker rahim dan tidak bisa menghasilkan keturunan lagi. Dan ternyata masyarakat Arab sangat tidak respek dengan istilah anak angkat karena bagi mereka anak angkat mempunyai konotasi negatif. Dari situ timbul masalah, ibu Faishal (kekasih yang dicintai) tidak setuju dengan silsilah keluarga Michelle.

Lumeis, gadis ceria, care sama temen-temennya, dia punya kembaran,Tamara yang sifatnya sangat bertolak belakang dengan Lumeis sehingga kadang dosen dan teman-temannya membandingkan Lumeis dengan Tamara. Namun, Lumeis cuek dan tetep dengan stylenya sehingga menimbulkan pro kontra.

Shedim, gadis piatu ditinggal meninggal oleh ibunya ketika berusia 3 tahun sehingga dia tidak mempunyai pegangan dalam hidup. Ketika mencintai seorang pria bernama Walid dan mereka telah bertunangan. Dia menyerahkan semuanya kepada Walid. Dan ternyata akibat dari itu Shedim malah ditinggalkan dan Walid membatalkan acara pernikahan mereka.

Mampukah mereka mengatasi masalah mereka masing - masing. Lebih seru kamu baca novelnya.
Gaya bercerita penulis yang blak - blakan membuat novel ini langsung dilarang beredar di Arab Saudi ketika cetakan pertamanya pada tahun 2005. Namun, canggihnya pasar gelap membuat buku ini bisa diterjemahkan di 25 negara dan menjadi BEST SELLER INTERNASIONAL

Aku kurang tau buku ini masih dijual di pasaran atau udah ditarik. Tapi kata temenku masih ada. Bahasanya sih berat tapi cukup bisa dipahami koq. Buku ini menampilkan quote - quote yang membela hak - hak kaum wanita terutama yang berkaitan dengan kisah 4 gadis tersebut.

LAYAK BACA!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar